Rubik image

Kubus Rubik atau disingkat Rubik saja, adalah sebuah teka-teki berantai (puzzle maksudnya) mekanis yang berbentuk kubus dimana setiap sisinya dibagi menjadi 9 buah kotakan-kotakan kecil yg memiliki kelompok warna awalan yang sama untuk masing-masing sisinya (putih, merah, biru, oranye, hijau dan kuning) dan dapat diputar sedemikian rupa sehingga menghasilkan kotakan-kotakan yang acak di masing-masing sisinya. Cara memainkannya adalah dengan mengacak dan mengembalikan kotakan-kotakan tersebut ke sisi-sisi yang sebenarnya sesuai dengan kelompok warnanya.

Kubus Rubik diciptakan oleh seorang pematung dan professor arsitek bernama Erno Rubik pada tahun 1974 (35 tahun yang lalu berarti, pepatah tua bilang: kagak ada matinyee… yg main rubik bilang: gw patahin juga nih ngga bisa selesai2…) dari Hungaria (negeri yg selalu lapar akan kesenangan…).

Permainan Rubik diberi nama oleh penciptanya “Magic Cube” (Kubus Ajaib, kira2 begitu, mungkin dulunya terinspirasi oleh Magic Jar… – java archive ajaib, kira2 begitu) dan dipatenkan tahun 1975 di Hungaria. Meskipun begitu sebelumnya telah ada paten yang serupa di Kanada 1972 dan di Inggris 1974 (yah biasa deh, klo buat sesuatu yg mirip2 itu pasti ngga jauh2 amat waktunya).

Awalnya Rubik diciptakan sebagai alat pembelajaran bagi siswanya untuk menerangkan tentang objek 3D di tempatnya om Rubik ini bekerja di Department of Interior Design, Academy of Applied Arts and Crafts di Budapest sana (terdengar ada yang aneh? yup benar, ingat VGA card pertama untuk PC baru dikeluarkan oleh IBM dari pabriknya pada tahun 1981 – yup lagi, emang ga ada hubungannya…).

Kubus Rubik sejak awal dilisensikan kepada perusahaan Ideal Toys dan sejak tahun 1980 mengawali karir internasionalnya di London, Paris, Nuremberg (wherever it is) dan New York, termasuk produk2 bajakannya… oke imitasi lebih halusnya.

Teknologi Rubik ini sempat pula mengalami sengketa hak paten dari si orang Kanada diatas dan juga orang Jepang (yah biasa sih, dimana-mana kalau udah terkenal pasti ada aja masalahnya), tetapi akhirnya om Rubik bisa mendapatkan US patent-nya pada tahun 1983. Pada tahun 2003 ada seorang penemu (inventor – orang2 kurang kerjaan yg kerjanya mencoba2 sesuatu dengan cara2 yg baru sehingga bisa dikatakan bekerja sebagai penemu) dari Yunani yg menemukan cara untuk membuat sejenis kubus rubik dengan tingat kotakan dari 5×5 sampai 11×11 (yeah u’rite, idiot isn’t it…).

Jika anda tertarik dengan cara menghitung jumlah kombinasi (atau permutasi, atau apa sajalah) tingkat keacakan kubus rubik silakan baca di wikipedia, saya hanya tertarik dengan jumlahnya di paragraf terakhir yaitu berkisar antara 43,252,003,274,489,856,000 (4.3×10^19) hingga 88,580,102,706,155,225,088,000 (8.9×10^22).

Meskipun nampaknya hanya utusan dari neraka saja yang bisa memecahkan rubik yang sudah diacak (pesulap tidak termasuk – satu lagi jenis orang kurang kerjaan yang kerjanya ngerjain orang lain biar bisa dibilang klo mereka itu kerja sebagai pesulap, maksudku, mereka pesulap gitu loh, manusia dengan 1001 keahlian, bisa menghilangkan uang koin bahkan orang, bisa menebak judul berita koran besok, bisa motong orang jadi 2 bagian, dan bisa menyelesaikan rubik dengan cepat… yeah 50×2, cepek deh…) namun ada beberapa orang yang mempelajari teknik2 memecahkan teka-teki kubus siluman ini seperti: David Singmaster dan Alexander Frey (1982 – jurus rubik gila kurang dalam 1 menit), Daniel Kunkle dan Gene Cooperman (2007 – ilmu rubik sakti kurang dari 26 langkah menggunakan komputer), Tomas Rokicki (2008 – ajian rubik naga geni kurang dari 22 langkah), Jessica Fridrich (kutukan siluman rubik 55 langkah), Philip Marshall (Jebakan maut raja rubik 65 langkah), Lars Petrus (laskar pamungkas pembela rubik) dan yg terbaru adalah dari penulis favorit anda ini, arkofmind, hanya 1 langkah, mantra ninja sakti Lem Biru, lempar beli baru!

Karena begitu menariknya permainan ini, maka diselenggarakanlah kompetisi rubik pertama kali oleh Guinness Book of World Records di Munich, 13 Maret 1981 dengan pemenang Jury Froeschl, dengan catatan waktu 38 detik setelah diacak 40 kali (what the …). Dan Lomba internasional pertama di Budapest 5 Juni 1982, pemenangnya Minh Tai, dengan catatan waktu 22.95 detik… (that’s it, serangan LEM BIRUUU!!!).

Mungkin karena orang semakin cerdas semenjak VGA card dikeluarkan oleh IBM (apa aku bilang! apa aku bilang!), permainan rubik menjadi sudah tidak  menarik lagi untuk dikompetisikan dengan cara biasa, saat ini kompetisi dimainkan dengan cara yang agak nyeleneh yaitu: rubik buta (pemain diberi waktu melihat rubik yang sudah diacak, lalu memecahkannya dengan mata tertutup, edan!), rubik buta secara tim, memecahkan rubik didalam air dengan satu tarikan napas, rubik dengan satu tangan (tangan lainnya ngapain hayooo), maupun rubik dengan satu kaki.

Jika mencari di di internet dapat ditemukan juga permainan rubik ini (keyword Rubik, Rubik Game) maupun algoritma pemecahannya (Keyword Rubik Solver). Informasi lebih lengkap silakan baca sendiri di wikipedia.

Mengapa saya mem-posting tentang kubus buatan om Rubik ini, tak lain dan tak bukan adalah karena saya juga baru saja membeli satu. Jadi sudahkah anda bermain sang kubus gila hari ini? dijamin kubusnya gila bersama orangnya…