eh, tadi lihat2 di blog ini kok ada avatar yang cool banget, semacam pola berwarna-warni, terus sempat lihat beberapa blog lain juga ada semacam itu, setelah cari-cari di mbah google ternyata itu namanya Identicon, baru dengar sih ternyata udah beredar mulai sekitar Januari 2007 yang lalu.

Seperti biasa, penjelasan dan link bisa dilihat di wikipedia, dan sepertinya ada yang menarik dengan identicon ini (selain namanya yang keren), sekedar mencoba menjelaskan ke diri sendiri, CMIIW, ide dasarnya adalah visualisasi informasi pribadi yang sudah ter-hash (artinya informasi tadi ga bisa di-ekstrak dari gambar visual nya), klo lihat di blognya yang buat maka identicon ini bisa ditautkan ke semua string binary dengan ketentuan-ketentuan gambar tersebut.

Aku ngga tau apa manfaatnya dari identicon di bidang lain, ada contoh untuk membuat identicon yang menjelaskan status dari sebuah produk dan statistik penjualan tertentu, tapi entah bagaimana membacanya. Namun di dunia blogging ternyata ada manfaatnya, kalau seorang user anonymous mengirim komentar, biasanya avatarnya cuman gambar siluet orang (mystery man), tapi karena ada identicon, maka cukup generate avatar identicon dari IP nya (yang pasti lebih unik), voila! anonymous user tersebut kini tiba2 punya avatar yang unik dan selalu tetap dan jadi keren juga jadinya blognya menjadi berwarna-warni…

Sekilas tentang identicon, pls cmiiw.

update:
ternyata memang Fedri yang ganti setting-nya, hehehe keren bro…

update:
Contoh gambar dari blog favorit kita bersama, codinghorror