Dahulu kala waktu gw masih muda😀, banyak banget deh keluar istilah-istilah slang yang digunakan buat percakapan sehari hari antara temen temen tongkrongan ataupun sama musuh bebuyutan pas lagi tauran yang emang klo diucapin itu enaak banget dah… tepatnya di SMA dulu..
Tapi jaman sekarang dah banyak banget yang punah seiring perkembangan zaman, anak jaman sekarang lebih suka memakai kata kata bencong salon yg lebih feminim seperti ABCD *aduh bo’ cape deh..* dari pada anjriit, ngemeng, cemen, katro dll..
dari latar belakang diatas maka dari itu gue akan membahas sebagian idiom yang sempet tenar taon 90’an sampae awal 2000.., diantaranya:


1. Anjriiitt, anjrott, anjiiirrr, busseett..!!!
mengungkapkan kekaguman terhadap sesuatu… heran, aneh juga bisa..

contoh :
didit : bussett, woi liat deh tuh cewe yang pake baju itemm.. anjiiiirrrr, cakepbanget yah…
jo’an: guooblok lu!!! itu kan bencong yg sering mangkal di perapatan mampang =))
didit : hah!! sialan…

2.Cemen, sayur
Cemen, sayur adalah kata yg mempunya arti sama yaitu pengecuuutt, penakut, orang yang ga punya nyali.

contoh:
Aseng : Eh.. tong sene lu..
udin : ngape bang mangil mangil
Aseng : eh.. loe ya, kemaren yang ngambil layangan gue…
udin: eng.. enggak bang.. *gemetran..*
Abangnya udin : *dateng dari belakang* eh.. apa lo seng.. sini kalo berani, sayur loh braninya ama anak kecil..
Aseng : Alah lu juga katroo.. beraninya pake cluuriitt.. *kabooorr..*

3. Abal Abal
barang palsu, kualitas rendahan.. ada juga yg nyebut abal abal disco, abal abal dangdut..pokoknya gitu deh.. dah liat aja contohnya

Contoh:
mat dole : *pake sepatu baru.. gaya mo mamer* woi coy, liat donk spokat gue.. kren kan… nike
somad : anjiir, lu beli dimane nyet?
mat dole : taman puring..!
somat : whahahaha *nahan peruut..*, nike abal abal tuh goblok…!!

4. cupu
singkatan dari cu’lun poenya… artinya ya cu’lun.. lugu.. ndesoo..

yudi:sep, lu tau ga taman lawang tuh tempat apaan sih?
sepep : hahahh.. cupu loh, itukan tempat banci banci pada ngumpul..

5. Gacoan
sesuatu yang dijadikan andalan, jagoan

contoh :
eh bro, ikan cupang gacoan gue mati sial…!!!

6. gokil
artinya kreen banget, mantep deh….

contoh:

dodo : man, lu tau lagunya rumahsakit ga?
cupu : weleh, tau lah.. itu kan yang psychic girl itu..
dodo : ho-oh,, gokil banget tuh lagu

6. gobang
gobang singkatan dari gondrong abang abang

contoh :
aan : yud, liat neh potongan rambut gue krenn banget bis dari salon gue..
yudi : waadaah,, bagus dari mana, gobang gitu.. tukang ojek kali…

7. Lemot
lemah otak, mikirnya lama..

contoh:
Momon : wih gile tuh cowo ganteng banget, bawaannya boil lagi.. wah mau gue jadi pacarnya
Mimin : payah lu, itu kan si sarimin anak klas 3 b, yang lemot itu.. kaga naek klas 3 kali tuh..

8. Titi Dj, Titi Kamal, Titi Kadasi
mengungkapkan pesan untuk berhati hati: titi Dj *aTI aTI DiJalan*,titi kamal *aTi aTi KAlo MALam, titi Kadarsi *aTI aTi KAlo DARi SIni*

contoh :
ayu : yem gue pulang dulu yah dah malem neh…
tukiyem : yawdah, titi dj, titi kamal sama titi kadarsi ya… yuuukk..

9. Gaban
nama jagoan yg dulu sering muncul di tipi bareng ma gabin.. biasanya istilah ini buat mengambarkan sesuatu yang gede banget…

contoh:
cungkriing: eh hp lo seri apaan?
marwan gonjes : nokia 8010
cungkring : oh.. hp yg multifungsi itu.. bisa sekalian buat nimpuk anjing.. yg segede gaban itu kan?

10. Anak Bawang
Amatir, pemula, newbie belum ahli gitu deh..

contoh :
woi le, loe jadi cadangan kiper aja yah.. loe kam masih anak bawang..

11. Najis Tralala Trilili
Karena dulu se agnes monika terkenal pas waktu bawain acara tralala trilili.. di rcti jadi nih istilah asal usulnya dari situ.. tralala trilili sendiri disini artinya untuk menekan kan yg artinya menjadi najis banget.. gitu…

contoh:
jubaidah : wedeh, nih lagu kreen banget boo..
jaenab : lagu apaan tuh.. dangdut ya.. elah najis tralala trilili deh gue.. ogah ah gue..

12. nyolot
ini artinya paan ya?? eh.. mungkin nantang gitu… belagu atau apa ya? alah liat aja contohnya…

contoh:
apa lu liat liat nyolot banget nih anak ngajakin berantem..??

13. Ngemeng
ngemeng itu asal kata dari ngomong, ngemeng lebih ke ngomong kaga penting, ngomongnya ngaco gitu…

contoh:
ngemeng aja loh bisanya kerjain dong bisa kaga…

14. Gretongan

gretong tuh plesetan dari gratisan..

contoh:
Weh enak banget deh pake m3 bisa dapet gretongan 10 sms…

Yawda, segitu aja dulu, Klo ada yg mo nambain.. tambain aja di komen ya, dan sebenernya bahasa slang atau bisa juga bahasa gaul datangnya dari siapa aja yg emang pengen bikin bahasa itu, jadi ga ada standar untuk bahasa ini..

regard:

return false;